Thursday, September 20, 2018

CONTOH SOAL JURNAL PENYESUAIAN UNTUK AKTIVA TETAP DAN PENYELESAIANYA (TERBARU 2018)


Penyusutan aktiva tetap perlu dibuatkan jurnal penyesuaiannya, mengapa? Hal ini dikarenkan aktiva tetap yang telah digunakan untuk operasional atau aktiva tetap yang umurnya telah bertamabh akan mengalami penyusutan atau nilai ekonomi aktiva tetap tersebut menurun sehingga nilai sebelumnya yang telah dicatat dalam neraca saldo secara ekonomis tidak relevan karena pada kenyataannya nilai aktiva tetap tersebut telah berkurang.

Jurnal peyesuaian merupakan salah satu bagian tak terpisahkan dari siklus akuntansi, ada beberapa akun yang perlu disesuaikan dalam neraca saldo sebelum membuat kertas kerja dan laporan keuangan, salah satunya adalah penyusutan aktiva tetap. Untuk semua akun yang perlu disesuaikan anda bisa baca pada postingan Menguasai Jurnal Penyesuaian Dalam 5 Menit .Kali ini, admin mengkhususkan pembahansan pada penyesuaian penyusutan aktiva tetap.

Aktiva tetap dalam akuntansi adalah aset berwujud yang dimiliki oleh perusahaan untuk digunakan dalam produksi atau penyediaan barang atau jasa, untuk drentalkan kepada pihak lain, atau untuk tuujuan administratif, dan diharapkan untuk digunakan selama lebih dari satu periode (Wikipedia).

Penyusutan aktiva tetap perlu dibuatkan jurnal penyesuaiannya, mengapa? Hal ini dikarenkan aktiva tetap yang telah digunakan untuk operasional atau aktiva tetap yang umurnya telah bertamabh akan mengalami penyusutan atau nilai ekonomi aktiva tetap tersebut menurun sehingga nilai sebelumnya yang telah dicatat dalam neraca saldo secara ekonomis tidak relevan karena pada kenyataannya nilai aktiva tetap tersebut telah berkurang. Dalam penyusutan aktiva tetap ada beberapa metode yang bisa digunakan, Namun kali ini admin hanya membahasa penysuan aktiva tetep secara umum. Untuk lengkapnya silahkan baca materi Metode Penyustan Aktiva Tetap.

Baca Juga :
Materi lengkap Persamaan Dasar Akuntansi + Penyelesainnya

Simak pembahasan dibawah ini yahh . . .

1. Contoh 1
Pada tanggal 21 agustus 2018, dalam neraca saldo terdapat akun peralatan usaha sebesar 6.500.000. Salon beautiful menetapkan penyusutan peralatan sebesar 10%. Jadi penyustan peralatan sebesar 10% x 6.500.000 = 650.000. Ada pun Jurnal penyesuaian nya sebagai berikut :
Beban penyusutan peralatan         650.000 (D)
    Akumulasi penyusuatan peralatan             650.000 (K)

2. Contoh 2
Sebuah mesin pada PT. Perkasa Industries diketahui memiliki harga perolehan Rp. 900.000, mesin tersebut ditaksir mempunyai nilai ekonomis selama 4 tahun dengan nilai residu sebesar 100.000 rupiah.Buatlah jurnal penyesuaian pada akhir periode 31 desember 2018 dengan perhitungan beban penyusutan dengan metode garis lurus
Perhitungan beban penyusutan dengan garis lurus
Penysustan = (harga perolehan-Nilai Residu) : umur ekonomis
        = (900.000-100.000) :4
        = 800.000/4
        = 200.000
jika  didapatkan besarnnya beban penyusutan  per tahun sebesar Rp. 200.00
Ada pun Jurnal penyesuaian nya sebagai berikut :
Beban Penyusuan Mesin        200.000
    Akumulasi Penysutan Mesin            200.000

3. Contoh 3
PT. Medan Grafis membeli pada tahun 1 Januaeu 2018 membeli mesin dengan harga perolehan Rp. 20.000.000 dengan nilai residu sebesar Rp.5.000.000, Umur ekonomis ditaksir sebesar 5 tahun, buatlah jurnal penyesuainnnya pada 31 Desember 2018.
Penyusutan     : (Harga Perolehan-Nilai Residu) : Umur EKonomis
        : (20.000.000 - 5.000.000) : 5
        : 3.000.000   
Ayat jurnal penyesuaiannnya adalah :
Beban Penyusuan Mesin        3.000.000
    Akumulasi Penysutan Mesin            3.000.000

Nah, itu dia beberapa contoh soal dan penyelesaian penyusutan aktiva tetap. Jika ada yang kurang jelas silahkan coret-coret di kolom omentar yah. Semoga bermanfaat . . .

3 comments:

  1. bagus sekali cara menjelaskan jawaban nya yang membuat saya yang baru belajar jadi bisa mengerti.... Terimakasih

    ReplyDelete
  2. APLIKASI AKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA PROYEK. Aplikasi Akuntansi yang dibangunan berbasis Excel dengan fitur yang cukup lengkap dan menarik, baik otuput laporan keuangannya maupun fasilitas menunya, dapat diterapkan untuk berbagai jenis perusahaan jasa proyek. Output laporan keuangan meliputi Neraca, Laba Rugi, Laporan Arus Kas, Neraca Lajur, Buku Besar dan Buku Pembantu. info : Aplikasi Akuntansi Excel Premiere

    ReplyDelete
  3. Terimakasih untuk artikelnya. Kami informasikan Krishand Software kini memberikan akses penuh secara gratis untuk Krishand Fixed Assets.

    Krishand Fixed Assets dapat digunakan untuk menghitung biaya penyusutan aktiva tetap baik secara komersial maupun fiskal.

    Daftar melalui link berikut ini bit.ly/krishandpromo

    ReplyDelete